Jangan Bingung, Ini 5 Perbedaan Marmer dan Keramik

Marmer adalah salah satu jenis batuan alam yang menghadirkan keindahan untuk rumah atau bangunan karena memiliki berbagai motif yang unik dan mungkin tidak bisa ditemukan di jenis batuan yang lainnya. Namun sayangnya sampai saat ini masih banyak sekali orang yang belum bisa membedakan mana yang marmer dan mana yang keramik. Padahal keduanya ini jelas berbeda, namun masih banyak masyarakat Indonesia yang menganggap kedua jenis bahan atau material ini sama. Jangan bingung, ini 5 perbedaan marmer dan keramik yang harus anda ketahui.

Perbedaan dari Segi Pembentukannya

Untuk mengetahui apa saja perbedaan dari marmer dan juga keramik maka tentu saja kita harus lebih dulu tahu bagaimana proses terbentuknya marmer dan keramik. Jika kita tahu bagaimana proses pembentukan kedua material ini, kita jadi dapat mengetahui juga bagaimana karakteristik dari kedua material ini. Yang pertama kami akan membahas mengenai proses terbentuknya marmer. Marmer adalah jenis batuan alam yang proses pembentukannya ini terbuat secara alamiah melalui kristalisasi dan jangka waktunya sangatlah lama. Marmer adalah hasil tambang alami yang punya berbagai corak dan warna yang berbeda yang berasal dari tempat dimana ia dibentuk. Nantinya marmer dapat dipotong dan dibentuk sesuai dengan keinginan anda. Jika tadi kita sudah tahu bahwa batuan marmer terbentuk dari proses kristalisasi batu kapur atau batuan dolomit, maka sekarang kita juga harus tahu informasi mengenai keramik sehingga tahu perbedaan keduanya. Keramik sendiri berasal dari bahasa Yunani yang disebut sebagai keramikos yang artinya tanah liat kering yang dibakar untuk menghasilkan bentuk tertentu yang diinginkan. Keramik merupakan salah satu jenis bahan yang paling populer dan biasanya diaplikasikan sebagai dinding atau lapisan lantai bangunan.

Perbedaan dari Segi Komposisi 

Jika tadi kita sudah tahu batuan marmer terbentuk dari apa, begitu juga dengan keramik. Maka pada kesempatan kali ini kami ingin mengajak anda semua untuk tahu juga informasi mengenai perbedaan kedua material dari segi komposisinya. Seperti yang sudah kita singgung di atas tadi bahwa keramik adalah material yang terbuat dari tanah liat yang melalui proses pembakaran lama. Bahan atau komposisi dari keramik sendiri berasal dari mineral seperti ball clay, kwarsa, kaolin, air, dan juga feldspar. Kemudian keramik ini juga dibuat dan dibentuk oleh manusia sesuai dengan keinginan. Perbedaannya dengan marmer adalah marmer ini merupakan jenis batuan alam dan bukan dibuat oleh manusia. Marmer adalah jenis batuan metamorf yang merupakan hasil dari proses kristalisasi batuan gamping atau batuan kapur. Tentunya batu marmer ini terdiri dari berbagai jenis mineral yang ada di alam, semakin banyak kandungan mineral di dalam batuan marmer maka marmer ini akan semakin transparan. Marmer sendiri dapat ditemukan di daerah pegunungan atau bukit kapur.

Perbedaan dari Segi Kualitas

Tadi kita sudah mengetahui informasi mengenai proses terbentuknya marmer dan juga keramik, sekarang kami juga akan mengajak anda untuk tahu dari segi kualitasnya sehingga akan memudahkan anda untuk memilih mana yang sesuai dengan keinginan anda dan kebutuhan anda. Jika membahas dari segi kualitasnya maka untuk batuan alam marmer ini bisa dibilang memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dari keramik. Marmer adalah batuan alam yang memiliki struktur yang lebih kuat dan juga kompleks dan selain itu juga tidak mudah retak ataupun pecah. Sedangkan untuk keramik sendiri kualitasnya berada di bawah marmer, walaupun keramik sudah melewati proses pembakaran dan juga pengepresan namun tetap saja material ini tidak memiliki kekuatan sebaik marmer. Ia hanya punya karakteristik yang keras, kaku dan tahan air. Namun keramik ini mudah pecah serta memiliki karakteristik yang rapuh.

Perbedaan dari Segi Estetika

Selanjutnya kami akan mengajak anda untuk juga membahas mengenai segi estetika dari kedua material ini. Keramik adalah salah satu jenis material yang sangat populer dan banyak digunakan masyarakat, karena keramik ini sangat mudah diaplikasikan dan juga punya berbagai macam jenis motif dan juga warna namun tren motif dari material keramik sendiri akan berubah dengan cepat mengikuti trend yang ada. Sedangkan untuk batuan marmer ini motif dan warnanya cenderung terbatas. Mengingat bahwa marmer ini berasal dari alam sedangkan jika keramik tadi dibuat oleh manusia sehingga motifnya akan mudah ditemukan. Batuan marmer terbentuk dari alam ini memiliki warna, motif, dan juga urat yang berbeda-beda. Batuan marmer ini memiliki nilai estetika yang tinggi jika dibandingkan dengan keramik karena kesan alaminya akan lebih menonjol dan selain itu motifnya juga limited.

Perbedaan dari Segi Perawatan

Yang terakhir kami akan mengajak anda semua untuk mengetahui perbedaan dari segi perawatannya. Untuk segi perawatan ini, keramik menawarkan banyak kemudahan dan juga kesederhanaan dalam segi perawatannya karena kita hanya perlu mengepel keramik saja. Kemudian untuk batuan marmer, sebenarnya perawatannya juga cukup mudah namun memang perlu perawatan secara khusus sehingga marmer bisa tahan lama, bisa dilakukan dengan cara daily cleaning dan coating.

 

 

Sekarang anda sudah tahu kan apa saja perbedaan dari marmer dan keramik? Dari ulasan di atas tadi kami berharap bahwa anda bisa menggunakan pertimbangan tersebut untuk memilih apa akan menggunakan marmer atau keramik. Jika ingin membeli batu marmer dengan berbagai macam jenis motif maka anda bisa menghubungi Candratama Granite pada nomor berikut ini 081235135067. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda.

 

Baca juga: Pahami Perbedaan Marmer: Putih Carrara, Statuario, dan Calacatta dan Beragam Gaya Desain Interior Mewah dengan Aplikasi Marmer