Pahami Perbedaan Marmer: Putih Carrara, Statuario, dan Calacatta

Marmer merupakan batuan alam yang terbentuk dari proses kristalisasi batuan kapur dan memiliki ratusan motif dan warna yang berbeda-beda di seluruh dunia. Marmer putih merupakan salah satu jenis marmer yang paling terkenal dan terdapat 3 jenis marmer putih yang cukup populer yaitu marmer Carrara, marmer Statuario, dan juga marmer Calacatta. Ketiga jenis marmer ini memiliki penampilan yang elegan dan juga menarik. Pahami perbedaan marmer: putih carrara, statuario, dan calacatta di bawah ini.

Asal dari Marmer Carrara, Statuario, dan Calacatta

Jika anda merupakan pecinta marmer dan menginginkan untuk membeli marmer berwarna putih yang sudah kami sebutkan tadi maka anda harus mengetahui lebih dulu asal usulnya. Mungkin banyak orang yang mengira bahwa ketiga jenis marmer ini berasal dari tempat yang berbeda-beda, jenis marmer Carrara, Statuario, dan Calacatta ini berasal dari pertambangan yang sama yang ada di Kota Carrara Tuscany Italia. Untuk marmer jenis Statuario ioni ditambang di pegunungan atau dataran yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan marmer Carrara dan Calacatta. Area pegunungan yang ada di Kota Carrara sendiri merupakan salah satu kawasan di Italia yang menjadi pusat pertambangan marmer di dunia. Selain menghasilkan 3 marmer yang sudah kami sebutkan tadi, kawasan ini juga menghasilkan ratusan marmer yang diimpor ke berbagai belahan di dunia. Terdapat kurang lebih 600 area pertambangan marmer di tempat ini.

Pola atau Urat Marmer Carrara, Statuario, dan Calacatta

Jika tadi kita sudah membahas mengenai asal muasalnya, sebelum membahas mengenai harga marmer Statuario kami akan memberikan informasi penting kepada anda mengenai pola atau urat marmer Carrara, Statuario, dan juga Calacatta. Untuk jenis marmer Carrara sendiri memiliki pola yang sangat halus dan juga lembut karena memiliki paduan warna yang soft yaitu putih, abu-abu, dan biru. Dibandingkan dengan kedua jenis marmer yang lainnya marmer ini bisa dibilang yang paling lembut atau soft. Kemudian pola atau urat dari marmer yang selanjutnya adalah marmer Statuario. Marmer jenis Statuario ini merupakan salah satu marmer yang paling eksklusif jika dibandingkan dengan marmer yang lainnya. Memiliki pola vein yang khas dengan warna abu-abu yang sangat tebal dan berbaur dengan pola tipis lainnya. Marmer Statuario ini merupakan salah satu jenis marmer yang paling banyak dicari dan cukup populer di dunia.  Jenis marmer ketiga adalah marmer Calacatta, jenis marmer yang satu ini merupakan marmer yang punya pola urat berwarna abu-abu dan juga warna emas dengan warna base marmer berwarna putih. Sehingga jika anda ingin mengusung konsep yang mewah untuk hunian anda, maka kami menyarankan supaya anda menggunakan marmer jenis ini. Selain itu sebenarnya marmer Calacatta ini juga memiliki banyak sekali warna lainnya.

Aplikasi dari Marmer Carrara, Statuario, dan Calacatta

Sekarang kami juga akan mengajak anda semua untuk mengetahui aplikasi dari ketiga jenis marmer ini sehingga nantinya anda tahu marmer apakah yang cocok untuk jenis kebutuhan anda. Untuk marmer Carrara ini merupakn salah satu jenis marmer yang fleksibel dan sangat cocok digunakan ke berbagai keperluan. Misalnya saja di Italia, marmer ini digunakan untuk membuat berbagai macam jenis monumen dan patung terkenal. Selain itu marmer Carrara ini juga digunakan untuk lantai, dinding panel, anak tangga, dan juga countertop. Untuk marmer Statuario, pada awalnya ini digunakan juga untuk patung sama seperti jenis marmer yang sebelumnya kita bahas. Marmer yang cukup populer dan banyak dicari masyarakat Indonesia ini banyak digunakan untuk indoor atau dalam ruangan yang biasanya dimanfaatkan untuk countertop dan backsplash di bagian dapur. Digunakan juga untuk aplikasi lantai, dinding dan juga area perapian. Marmer jenis Statuario ini tidak disarankan untuk bagian outdoor. Kemudian jenis marmer yang ketiga adalah marmer Calacatta, marmer jenis ini merupakan marmer yang memiliki tampilan klasik dan selain itu sangat cocok jika digunakan untuk komersial. Biasanya marmer Calacatta ioni digunakan sebagai lantai, dinding, backsplash, dan juga countertop.

Ketersediaan Marmer Carrara, Statuario, dan Calacatta

Yang selanjutnya kami akan mengajak anda semua untuk membahas mengenai ketersediaan dari marmer Carrara, Statuario, dan juga Calacatta. Dengan mengetahui ketersediaan, maka nantinya anda juga bisa mengetahui perkiraan dari harga marmer Statuario dan yang lainnya. Jika dibuat urutan, maka untuk jenis marmer yang memiliki persediaan yang paling banyak adalah marmer Carrara. Kemudian untuk urutan kedua adalah marmer Calacatta dan untuk ketersediaan marmer yang paling sedikit atau bisa dibilang agak langka adalah marmer jenis Statuario. Karena ketersediaan dari marmer jenis Statuario ini cukup sedikit maka tak heran jika harga marmer Statuario ini agak mahal jika dibandingkan dengan marmer yang lainnya. Namun tenang saja, karena walaupun langka namun Candratama Granite menyediakan marmer Statuario dengan harga yang terjangkau.

Perawatan Marmer Carrara, Statuario, dan Calacatta

Supaya anda mendapatkan informasi yang lengkap mengenai jenis-jenis marmer berwarna putih maka pada kesempatan kali ini tak lupa kami juga akan menyampaikan mengenai bagaimana perawatan dari tiga jenis marmer ini. Jika dari segi perawatan maka tidak ada perbedaan yang mencolok dari ketiga jenis marmer ini. Karena untuk tingkat porositas dari marmer-marmer di atas ini juga sama sebenarnya. Semua jenis marmer, apapun jenisnya pasti memiliki metode perawatan yang hampir sama. Untuk melindungi marmer Carrara, Statuario, dan juga Calacatta maka anda harus menggunakan coating secara berkala dengan tujuan untuk membuat ketiga jenis marmer ini lebih tahan lama dan terus mengkilap.

 

 

Dari perbedaan-perbedaan yang sudah kami sebutkan di atas tadi maka manakah jenis marmer yang anda inginkan untuk mempercantik di rumah anda? Apakah anda menginginkan untuk menggunakan marmer Carrara, marmer Statuario, atau marmer Calacatta? Jika anda menginginkan salah satu jenis marmer yang hari ini kita sudah review, maka anda bisa langsung menghubungi Candratama Granites di nomor berikut ini 081235135067. Tim kami akan siap membantu semua kebutuhan anda mengenai marmer atau granit, free konsultasi. Semoga artikel yang kami sampaikan kali ini bisa berguna dan juga bermanfaat bagi anda semuanya.

 

Baca juga: Jual Marmer White Carrara Harga Per Meter Murah dan Kamar Mandi Batu Alam Menambah Desain Kamar Mandi Lebih Natural